Bisakah Solo Player di Rise of Kingdoms? Ini Penjelasannya

Apakah kita bisa menjadi solo player di game Rise of Kingdoms? Bagaimana cata bermain solo di RoK tanpa gabung ke aliansi? Berikut ulasannya.
Menjadi solo player di Rise of Kingdoms apakah bisa? Pada zaman dimana maraknya game online, tidak sedikit pemain yang suka bermain solo walau sebenarnya mereka bermain game yang membutuhkan kekompakan tim. 

Bisakah Solo Player di Rise of Kingdoms? Ini Penjelasannya
RoK Solo

Tujuan mereka beragam, entah mencari pengalaman baru, merasakan sensasi berbeda, mengasah skil, sampai hanya untuk gaya-gayaan saja demi konten media sosial. 

Untuk game PUBG, Mobile Legends, Honor of Kings, hingga Garena Free Fire umumnya kita menemukan pemain yang terbiasa Solo Player. 

Tapi, menurut saya, tidak berlaku di Rise of Kingdoms. Konsep aliansi di RoK memaksa para pemain harus berjibaku bersama-sama dalam satu kesatuan tim untuk meraih kemenangan. 

Bahkan untuk pemain sultan sekelas Baba TC Ataturk atau MaverickL sekalipun, sebenarnya mereka berdua bisa saja menghadapi semua pemain di sebuah kingdom tapi hal itu akan mustahil dilakukan tanpa tergabung ke aliansi. 

Untuk sekadar teleportasi, memindahkan kota (teleport) ke wilayah lain di ajang paling bergengsi seperti Lost Kingdom Event (KvK), kita mesti bergabung ke aliansi yang memiliki teritorial di wilayah yang kita tuju. 

Apabila kita tidak tergabung ke aliansi, maka kita tidak bisa berpindah tempat ke area yang dituju. 

Ini berlaku di Home Kingdom juga, seolah-olah kita terjebak dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi di area yang kita tempati. 

Bermain Rise of Kingdoms sangat amat membutuhkan kekompakan, kejelian, hingga awareness & responsivitas pemain ketika mengikuti arahan dari Pejabat Aliansi (R4/Officers) atau Leader (R5). 

Saat tiba waktunya berperang di KvK, seluruh pemain di aliansi utama diharapkan online, tidak peduli meski itu tengah malam di zona waktu kita. 

Jika kita offline, maka pejabat aliansi bakal mengeluarkan kita dari aliansi untuk memberikan ruang pada pemain yang online dan bersedia membantu dalam peperangan. 

Hal ini karena terbatasnya jumlah/kapasitas aliansi di Rise of Kingdoms yang kerap kali tidak sebanding dengan jumlah pemain pada suatu kerajaan.

Selain untuk KvK, mayoritas event di game Rise of Kingdom memang memaksa kita untuk join aliansi karena melibatkan pemain lain di satu aliansi yang sama. 

Contohnya: Silk Road, Karuak Ceremony (Bagian Boss), Shadow Legion Invasion, hingga Ark of Osiris.

Terlebih kalau kita tidak bergabung ke aliansi, maka kita menyia-nyiakan buff yang sebenarnya kita butuhkan untuk melatih pasukan, upgrade bangunan, riset teknologi di akademi, hingga buff militer untuk berperang di KvK.

Jadi jelas ya, kalian tidak bisa menjadi solo player di Rise of Kingdoms untuk game yang memerlukan kekompakan pemain. 

Penulis

Editor & Praktisi Teknologi, terkadang di Kibezaka, kadang di Kaskus. Spotify: Kibezaka
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.